Pelajaran Penting dari Kematian Pendaki di Gunung Gede

By Tyas Strova 20 Feb 2014, 14:18:47 WIBPerjalanan

Pelajaran Penting dari Kematian Pendaki di Gunung Gede

uncak). Itu tentu saja fatal karena tidak ada teman korban yang tahu kondisi terakhir korban. Pertanyaannya, kenapa orang sakit ditinggal sendirian di tenda," tukas Andy Reezwandy (35), seorang pendaki gunung asal Jakarta.

 

Ia mengaku, Gunung Gede selama ini memang sudah terstigma sebagai rute pendakian untuk pemula. Bahkan, anak-anak di bawah usia 15 tahun kerap diajak orangtua atau sekolahnya mendaki di gunung ini.

 

"Artinya, jadi seperti wisata saja, apalagi ditambah dengan omongan kalau naik gunung sekarang ini sedang ngetren. Nah, akhirnya persiapan utama mendakinya malah banyak disepelekan orang. Itu bahayanya," kata Andy.

 

Faktor ketiga adalah persiapan fisik. Sampai saat ini, mendaki gunung masih masuk ke olahraga ekstrem. Terkait olahraga luar ruang, "bermain-main" di gunung berarti siap-siap berkawan dengan buruknya cuaca yang susah ditebak.

 

"Kembali lagi ke soal pengetahuan, pendidikan yang menjadi bekal si pendaki. Dengan pengetahuan yang dia punya, sudah barang tentu persiapan pendakiannya juga baik. Dia pasti tahu risiko yang akan dia hadapi, sudah dia ukur. Minimal siap menghadapi risiko itu karena alam tidak bisa ditebak maunya," kata Adiseno, pendaki senior Mapala UI.

 

Di gunung apa pun dan setinggi apa pun, mendaki pada musim penghujan ini butuh persiapan matang, kondisi fisik prima, serta peralatan dan perbekalan memadai. Tentu saja, semua itu berhulu pada pengetahuan pendakian yang dimiliki seorang pendaki. Pertanyaannya, sudahkah hal-hal utama ini dipenuhi maksimal oleh korban dan teman-temannya? Karena risikonya sudah langsung terjawab, korban meregang nyawa karena serangan hipotermia atau kehilangan suhu panas tubuh akibat basah dan kedinginan.

 

Jangan-jangan, soal hipotermia d
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana menurut anda kepengurusan Palaseta Sekarang?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang dari Cukup
  Buruk Sekali

Komentar Terakhir

  • Meydhiwiratama

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Festival Kali ...

    View Article
  • Firman

    harus siap mental dan punya nyali gede nih kalo mau coba aktivitas ini, apalagi kalo ...

    View Article
  • renol

    oke materi yg bagus ... saran klo bisa materi ppgd yang dgn foto prakteknya di ...

    View Article
  • iwan

    good info ...

    View Article