Tips Memilih Sepatu Gunung

By Tyas Strova 17 Feb 2014, 18:08:19 WIBTips dan Trik

Tips Memilih Sepatu Gunung

ter melingkari kaki mulai dari bagian bawah sepatu hingga dekat lutut. Perlengkapan ini sebetulnya dipakai untuk melindungi kaki agar salju atau es tidak masuk kedalam sepatu. Akan tetapi untuk gunung - gunung tak bersalju, geiter berguna pula untuk mencegah agar batu - batu kerikil tidak menyusup kedalam sepatu. Lagi pula geiter membantu menutupi celah antara sepatu dengan ujung celana terhadap tiupan angin yang dingin.

Sepatu harus dirawat dengan baik. Ada beberapa minyak khusus untuk menjaga agar kulit sepatu tetap baik dan tidak keras. Serta jahitannya tak gampang lepas. Sayang di Indonesia tak banyak tempat yang menjual minyak sepeti itu, kecuali minyak goreng. Untuk itu cukup baik kiranya apabila sepatu mendaki gunung secara teratur digosok dengan semir - semir yang ada di pasaran.

Sepatu kulit yang basah harus dikeringkan secara berhati - hati. Tindakan yang salah ialah mengeringkan sepatu itu dengan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Lebih - lebih apabila dikeringkan di dekat api. Sepatu itu akan menjadi keras dan menjadikan kaki sakit. Sepatu yang dikeringkan dekat - dekat api, selain menjadi keras juga akan mudah menjadi “kerupuk kulit” bila lupa mengangkat tepat pada waktunya.

Letakkan sepatu ditempat yang teduh dan banyak angin. Biarkan tiupan angin membuat kering sepatu itu secara perlahan - lahan. Agar bagian dalamnya cepat kering pula, masukan kertas Koran secukupnya kedalam sepatu. Kertas koran ini akan menyerap air yang menempel di kulit sepatu bagian dalam. Dengan cara ini, sepatu anda akan kering secara normal dan kulitnya tetap lemas.

Pada waktu sepatu tidak digunakan jangan biarkan kaos kaki berada didalamnya. Kaos kaki yang kotor dan lembab menyebabkan ruangan didalam
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana menurut anda kepengurusan Palaseta Sekarang?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang dari Cukup
  Buruk Sekali

Komentar Terakhir

  • Meydhiwiratama

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Festival Kali ...

    View Article
  • Firman

    harus siap mental dan punya nyali gede nih kalo mau coba aktivitas ini, apalagi kalo ...

    View Article
  • renol

    oke materi yg bagus ... saran klo bisa materi ppgd yang dgn foto prakteknya di ...

    View Article
  • iwan

    good info ...

    View Article