Tips Memilih Sepatu Gunung

By Tyas Strova 17 Feb 2014, 18:08:19 WIBTips dan Trik

Tips Memilih Sepatu Gunung

gan yang lebih baik untuk seluruh kaki.

Terutama apabila si pendaki membawa beban yang sangat berat, pergelangan kaki yang ditunjang dengan sepatu. Jauh lebih baik dari pada dibiarkan telanjang. Telapak kakipun akan lebih kuat kalau dilindungi sepatu. Ruangan yang ada didalam sepatu merupakan tempat yang aman dan hangat bagi kaki - kaki yang sering berjalan.

Sepatu untuk mendaki harus memiliki sol yang baik. Yaitu mempunyai kembang yang besar dengan ceruk yang tajam serta berpunggung tinggi. Sol seperti ini berguna sekali untuk meletakan kaki secara mantap pada tebing - tebing curam yang berbatu. Amat membantu kaki untuk menahan berat badan pendaki. Sepatu tanpa tumit tidak baik untuk mendaki gunung.

Tumit sepatu banyak berguna untuk menahan laju badan ketika menuruni lereng - lereng gunung. Karena itu pilihlah sepatu dengan tumit yang besar dan kuat. Pakailah sepatu dengan sol dan tumit yang terbuat karet atau sintetis serupa, karena bahan ini lebih “mengigit” tahan lama, lentur dan kuat. Jangan memakai sepatu dengan sol yang dari kulit. Karena mudah sekali tergelincir pada tanah basah, rumput, atau batu - batu yang licin.

Sepatu olah raga dari kanvas tidak baik untuk mendaki gunung. Sepatu tidak mempunyai sol yang kuat dan dapat melindungi telapak kaki. Lagi pula mudah meleset pada batu - batu basah dan tanah berumput. Terutama pada gunung atau bukit berbatu. Sol sepatu jenis ini akan cepat tipis dan telapak kaki terasa sakit apabila menginjak batu.

Sepatu gunung yang terbuat dari kulit atau kulit sintetis, merupakan pilihan yang tepat. Kulit atau sintetis kulit merupakan bahan yang kuat dan tahan lama, tetapi merawatnya harus rajin sekali. Sepatu yang terbuat
Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana menurut anda kepengurusan Palaseta Sekarang?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang dari Cukup
  Buruk Sekali

Komentar Terakhir

  • Meydhiwiratama

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Festival Kali ...

    View Article
  • Firman

    harus siap mental dan punya nyali gede nih kalo mau coba aktivitas ini, apalagi kalo ...

    View Article
  • renol

    oke materi yg bagus ... saran klo bisa materi ppgd yang dgn foto prakteknya di ...

    View Article
  • iwan

    good info ...

    View Article