Pendakian Terakhir Norman Edwin

By Aab Ceper 18 Nov 2015, 08:32:27 WIBPerjalanan

Pendakian Terakhir Norman Edwin

in diri dan keyakinan diri bila berada di alam bebas, tampaknya faktor watak bisa menjelaskan kejadian yang menimpa mereka ini.

Keduanya dikenal suka mengambil risiko, yang sering memiriskan hati banyak orang. Norman misalnya, sehabis diamputasi ruas sebuah jarinya, masih berkata dengan ringan, "Hilang satu ruas jari tidak apaapa, yang penting telah menyelamatkan satu nyawa." Maksudnya tentu tentang bagaimana ia dan Didiek terpaksa melakukan glissanding bersama Rudy untuk menyelamatkan Fayez.

Dan teman - teman di Mapala UI tentu tak akan lupa bagaimana Didiek pernah berujar, "Kalau gua dilarang naik gunung ama kantor gua, gua keluar." Kekerasan tekad seperti itulah tampaknya yang kemudian mengantar mereka mendaki kembali Aconcagua meski telah mendapatkan pengalaman pahit sebelumnya. Tanggal 12 Maret, mereka berangkat kembali naik ke Plaza De Mulas, setelah pendakian tanggal 25 Februari gagal. Padahal kondisi fisik mereka tampaknya kurang prima. Menurut laporan pendaki Inggris yang bertemu dengan mereka di Independencia, kondisi mereka sudah mulai menurun.

Tanggal 19 Maret adalah waktu terakhir mereka diketahui dalam keadaan hidup. Empat hari kemudian Didiek ditemukan meninggal. "Kami harus turun karena masih banyak puncak - puncak lain yang akan didaki," akhir tulisan yang sering digunakan Didiek Samsu dalam laporan pendakiannya. Posisi Didiek saat ditemukan seperti orang yang sedang istirahat. Ia bergolek di karung tidurnya. Satu tangannya berada di atas kepala. Tangan satu lagi memegang goggles, kacamata khusus, tersandar di perutnya. Perlengkapan mendaki masih melekat di badannya. Tampaknya ia sedang menunggu.

Carlos Tenjerina, yang menemukan Didiek, menduga hipotermia dan penyakit gunung mencabut nyawa Didiek. Hipotermia terjadi karena suhu tubuh menurun dengan cepat, sedangkan tipisnya oksigen, penyakit gunung

Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana menurut anda kepengurusan Palaseta Sekarang?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang dari Cukup
  Buruk Sekali

Komentar Terakhir

  • Meydhiwiratama

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Festival Kali ...

    View Article
  • Firman

    harus siap mental dan punya nyali gede nih kalo mau coba aktivitas ini, apalagi kalo ...

    View Article
  • renol

    oke materi yg bagus ... saran klo bisa materi ppgd yang dgn foto prakteknya di ...

    View Article
  • iwan

    good info ...

    View Article