Pendakian Terakhir Norman Edwin

By Aab Ceper 18 Nov 2015, 08:32:27 WIBPerjalanan

Pendakian Terakhir Norman Edwin

datang dari Letkol. Juan Antonio Tora, komandan SAR Argentina. Ia menyimpulkan, Norman kemungkinan besar terjebak di padang crevasse ( celah es ) di bawah kaki Gletser Polacos. Berita yang menyebabkan Karina Arifin, istri Norman, yang selalu mencoba optimistis bertanya - tanya, "Apa benar begitu beritanya? Apa itu maksudnya bukan pendaki lain?"

Ternyata memang bukan pendaki lain, tapi asumsi pihak SAR Gendermarie Argentina itu meleset. Pihak SAR tersebut menduga - duga nasib Norman berpegang pada temuan Carlos Tenjerina, anggota SAR yang menemukan jenazah Didiek Samsu, bahwa ada jejak turun ke bawah. Berdasarkan itu, pencarian diarahkan dari Refugio Independencia ( 6.400 meter ), tempat ditemukannya jenazah Didiek ke arah bawah.

Kabar tersebut di Jakarta menjadi aneh dan janggal. Jika Didiek ditemukan meninggal dan Norman diasumsikan berjalan turun, Norman tentunya tidak sulit mencari pertolongan, dalam kondisi lemah sekalipun, karena rute tersebut adalah rute normal dengan medan yang bagi Norman yang bepengalaman itu tentulah tidak terlalu sulit. Nasib paling buruk, seandainya Norman sudah tidak sanggup lagi berjalan, tentunya ia akan ditemukan di bawah Didiek. Dan asumsi di Jakarta Norman masih ada di suatu tempat di atas Didiek.

Dia pasti berusaha mencapai puncak. Sedangkan kondisi terakhir Didiek masih menjadi tanda tanya. Apakah saat itu ia juga bersama Norman berupaya mencapai puncak ataukah ia hanya menunggu di Independencia. Keduanya pernah berada di Independencia pada summit attack yang gagal, 25 Februari. Kini nyata sudah, Didiek menunggu di bawah, dan Norman terus mendaki.

Temperamen kedua orang ini memang unik. Norman, walaupun usianya lebih tua, lebih temperamental daripada Didiek. Meski bukan berarti Didiek seorang penyabar jika dipakai pengertian umum. Ditambah dengan sifat keduanya yang penuh disipl

Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana menurut anda kepengurusan Palaseta Sekarang?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang dari Cukup
  Buruk Sekali

Komentar Terakhir

  • Meydhiwiratama

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Festival Kali ...

    View Article
  • Firman

    harus siap mental dan punya nyali gede nih kalo mau coba aktivitas ini, apalagi kalo ...

    View Article
  • renol

    oke materi yg bagus ... saran klo bisa materi ppgd yang dgn foto prakteknya di ...

    View Article
  • iwan

    good info ...

    View Article