Mamminasata, Rancangan Metropolitan Baru di Gerbang Timur Indonesia

By Tyas Strova 21 Mar 2014, 10:14:44 WIBAlam

Mamminasata, Rancangan Metropolitan Baru di Gerbang Timur Indonesia

Mamminasata dipersiapkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur yang mencakup empat kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.


Mamminasata yang mencakup wilayah Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar adalah metropolitan baru yang disiapkan menjadi kawasan percontohan pengembangan tata ruang terpadu.

Rancangan kota ini dibangun berdasarkan Peraturan Presiden No. 56/2011 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar.

"Ini dipersiapkan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur yang mencakup empat kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, yaitu Makassar, Gowa atau Sungguminasa, Maros, dan Takalar," kata Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, di Makkasar, Selasa (18/3).

Seluas 3.500 hektar, luasan metropolitan Mamminasata itu sekira 17 kilometer dari Bandar Udara Internasional Hasanuddin atau 14 kilometer dari kawasan Panakukkang. Sesuai rencana Dinas Tata Ruang dan Permukiman Provinsi Sulawesi Selatan, kawasan ini bisa dilalui oleh dua jalur arteri.

Ketua DPD REI Sulsel, Muhammad Arief Mone, mengatakan bahwa industri properti di Makassar saat ini mulai mengarah pada pengembangan produk untuk segmen menengah atas. Adapun bagi kalangan menengah bawah akan bergeser ke pinggiran kota, yaitu Maros dan Gowa.

"Karena harga tanah semakin tinggi, maka pengembang yang masuk lebih menyasar segmen menengah atas," kata Arief.

Saat ini harga lahan di tengah kota Makassar tak ubahnya dengan kenaikan harga lahan di kota-kota besar lain di Indonesia. Di sekitar kawasan Pantai Losari, misalnya, harga lahan mencapai Rp 20 juta sampai Rp 50 juta per meter persegi.

Karena itulah, lanjut Arief, pengembangan properti untuk kalangan menengah atas tersebut akan menyasar subsektor properti, antara lain apartemen, kondominium hotel (kon

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana menurut anda kepengurusan Palaseta Sekarang?
  Sangat Baik
  Baik
  Cukup
  Kurang dari Cukup
  Buruk Sekali

Komentar Terakhir

  • Meydhiwiratama

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Festival Kali ...

    View Article
  • Firman

    harus siap mental dan punya nyali gede nih kalo mau coba aktivitas ini, apalagi kalo ...

    View Article
  • renol

    oke materi yg bagus ... saran klo bisa materi ppgd yang dgn foto prakteknya di ...

    View Article
  • iwan

    good info ...

    View Article